cerpen kehidupan remaja di era globalisasi

Cerpen Kehidupan Remaja di Era Globalisasi

Kali ini Mbak Hana akan membagikan kepada kalian tentang daftar 5 cerpen kehidupan remaja di era globalisasi. Ini tak lain, permintaan dari sobat Hana sendiri, si pengunjung website cerpen.

Kegelapan

Keunikan dari cerpen berjudul Kegelapan ini ialah, cerita seseorang yang takut kegelapan tetapi berani melawannya. Ia dalam proses perlawanannya, membuat cerpen ini, sedikit indah. Sebenarnya, kegelapan di sini, bisa pula diartikan seeegala sesuatu yang harus dihadapi. Khususnya pada era globalisasi.

Cinta Terlarang

Bercerita tentang santri yang mencintai anak kiainya. Hal ini membuat orangtuanya melarang dan tidak merestui. Konflik semacam ini tentu sangat menarik. Mulai dari yang dirasakan si tokoh utama, hingga yang lainnya. Tragedi semacam ini, sering juga, sih, ada pada era globalisasi, ketika akhlak mulai merosot.

Bendera Tua (Terbaik)

Cerpen yang satu ini merupakan cerpen yang sangat baik, membaca perihal globalisasi. Berlatar belakang tentang pesantren. Salah-satu cuplikannya sebagaimana berikut:

“Dunia luar saat ini tidaklah seperti masa muda mbah dulu. Kita sangat perlu membekali santri-santri kita dengan keahlian-keahlian tertentu. Biar mereka itu bisa bersaing di tengah-tengah era globalisasi ini mbah. Apakah mbah tega melihat alumni-alumni kita tersisihkan di tengah-tengah perkembangan zaman? Melihat mereka hanya menjadi seorang guru diniyah yang bersepeda onthel tiap hari, dan penghidupan keluarganya sering kekurangan?”

Cerita yang diusung di sini bisa sedikit-banyak mewakili sudut pandang pesantren itu sendiri. Sekaligus cerpen yang satu ini merupakan yang terbaik pada rekomendasi kali ini.

Meniru Anime

Mbak Hana yang tertarik ialah kepada cerpen yang satu ini. Cerpen ini berjudul Meniru Anime. Bercerita seorang pemuda yang ingin mendirikan komunitas (sanggar) sastra dengan nama bernuansa Jepang. Be te we, situs Hanaseru sendiri sebenarnya juga merupakan bahasa Jepang. Jadi, memang cerita di sana, yah, mirip-mirip dengan cerita Mbak Hana.

READ  Guru

Kesunyian

Mbak Hana tidak akan memberikan sinopsis dari cerpen yang satu ini. Karena menurut Mbak Hana, kalian harus membaca sendiri. Alhasil, cerpen yang satu ini tergolong cerpen kehidupan remaja di era globalisasi.

Liburan yang Begitu Singkat

Bercerita perihal kembalian pesantren. Konfliknya berupa bagaiamana ia menghadapi pacarnya. Secara tidak langsung, tokoh utama sedang mengetes apakah memang pacarnya benar-benar cinta atau tidak. Yang unik, pada akhir cerita terdapat twst yang tidak terduga. Saya tidak akan spoiler, lantaran itu tidak baik bagi Anda.

__Terbit pada
19 Desember 2021
__Kategori
Cerpen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Guru

Guru

6 hari  yang lalu
Restu Ortu

Restu Ortu

1 minggu  yang lalu
Gaya Gravitasi Bumi

Gaya Gravitasi Bumi

2 minggu  yang lalu
Rafly

Rafly

2 minggu  yang lalu
Pelajaran Sejarah Dihapus?

Pelajaran Sejarah Dihapus?

3 minggu  yang lalu
Dunia Pesantren

Dunia Pesantren

1 bulan  yang lalu
Meniru Anime

Meniru Anime

1 bulan  yang lalu