Falsafah Haji dalam Kitab Turas

Di antara rukun Islam yang mungkin unik dari pada yang lain adalah rukun Islam yang nomor lima, ibadah haji. Bagaimana tidak? Semua rukun haji hanya terdiri dari rukun Fi`li (bersifat pekerjaan) seperti tawaf, wukuf di Arafah, dan lain-lain. Ditambah lagi orang yang melaksanakan haji harus memakai sehelai kain yang tidak berjahit serta tidak boleh memotong segala rambut yang ada di tubuhnya. Kalau kita pikir apa hubungannya? 

Ternyata dibalik keunikannya, selain mebuahkan pahala besar juga menyimpan keistimewaan yang fundamental ”Setaip rukun haji yang dilakukan, selain mengandung pahala melimpah juga memiliki manafat medis yang luar biasa” Demikian penjalasan Dr. H. Miftah Faridl dalam bukunya Antar Aku ke Tanah Suci. Contoh ringannya adalah dengan ziarah ke Baitullah dapat menumbuhkan rasa cinta yang besar pada syiar Agama Islam dan tentunya juga menumbuhkan rasa rindu yang berat ketika akan berpisah, yang mana rasa cinta dan rindu tersebut sangat dianhurkan untuk dimiliki oleh setiap muslim.

Sayyaid Muhammad bin Abbas Al-Maliki Juga menjeaskan tentang khasiat-khasiat yang terdapat dibalik rukun haji dalam bukunya yang berjudul Hajju Fadha`il wa Ahkam beberapa di antaranya hikmah di balik dari tidak memakai baju yang berjahit dan tidak berkopyah adalah menampakkan rasa tawaduk yang tinggi serta merasa hina di hadapan Allah, seakan dia berkata “Wahai Tuhanku sesungguhnya kami tidak memilii hak atas diri kami dan sesungguhnya Engkaulah yang memiliki semua apa yang di dunia ini”.Selain itu, kita juga bisa meminum air yang paling berkualitas, air yang memliki beribu-ribu manfaat yang luar biasa yaitu air Zamzam sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas yang artinya, “Air yang paling baik di permukaan bumi adalah air Zamzam. Ia mengandung makanan yang mengenyangkan dan obat penawar bagi penyakit” Berkah Air Zamzam.

READ  Sejarah Perang Fijar

Bagi Anda yang hendak menunaikan haji dan umrah, tinggal hubungi Indoservices. Perusahaan ini bekerja sama dengan PT Centiq Tour Wisata melayani ibadah haji plus atau haji furuda dan umrah direct untuk jamaah di seluruh wilayah Indonesia. Informasi lebih lanjut WA: 0819 0338 5120. Selengkapnya baca Travel haji&umrah centig tour wisata (Layanan haji&umrah centig tour wisata 2022 jogja)

__Terbit pada
9 Desember 2021
__Kategori
Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Guru

Guru

6 hari  yang lalu
Restu Ortu

Restu Ortu

1 minggu  yang lalu
Gaya Gravitasi Bumi

Gaya Gravitasi Bumi

2 minggu  yang lalu
Rafly

Rafly

2 minggu  yang lalu
Pelajaran Sejarah Dihapus?

Pelajaran Sejarah Dihapus?

3 minggu  yang lalu
Dunia Pesantren

Dunia Pesantren

1 bulan  yang lalu
Meniru Anime

Meniru Anime

1 bulan  yang lalu